Sinergi Bersama Antisipasi Karhutla 2024

    Sinergi Bersama Antisipasi Karhutla 2024

    SURABAYA - Kajati Jatim, Dr. Mia Amiati, SH, MH, CMA bersama dengan Asisten Tindak Pidana Umum beserta Koordinator pada bidang Pidum mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) terkait Antisipasi dan Penanggulangan Karhutla 2024 yang dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Kamis (14/03/2024).

    Dalam pengarahannya, Menkopolhukam Hadi Tjahjanto mengingatkan semua daerah agar tetap siap siaga dan meningkatkan usahanya untuk melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, mengingat laporan pemantauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa El Nino moderat masih bertahan di Maret 2024.

    Menkopolhukam Hadi Tjahjanto juga meminta agar melaksanakan Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan secara sungguh-sungguh.

    “Saya juga minta kepada seluruh Kementerian/Lembaga, Panglima TNI dan Kapolri, Kepala Daerah, Pangdam/Danrem, Kapolda dan stakeholder/perusahaan serta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan saling bahu membahu dalam upaya untuk menanggulangi karhutla, ” ujar Menko Hadi.

    Dalam laporannya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyampaikan bahwa Tahun 2023 yang lalu kita bisa menurunan luas karhutla sebesar kurang lebih 488.064, 65 Ha atau sebesar 29, 59% dibandingkan dengan Tahun 2019.

    Sebagaimana pantauan BMKG, bahwa El-Nino moderat masih bertahan di Maret 2024, indeks ENSO diprediksi turun secara gradual menuju netral pada April 2024, sementara itu IOD netral diprediksi terus bertahan pada semester I tahun 2024.

    Semua daerah senantiasa harus tetap siap siaga dan meningkatkan usahanya untuk melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. (*) 

    surabaya surabaya
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Kejati Jatim Mengikuti Pra Musrenbang Bidang...

    Artikel Berikutnya

    Kajati Jatim Canangkan Zona Integritas Menuju...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Wilson Lalengke:  Disomasi Hendry Bangun, Dewan Kehormatan PWI Semakin Tidak Terhormat
    Sebut Penggelapan Dana Bantuan BUMN Rp. 2,9 Milyar Fitnah dan Plintiran, Jusuf Rizal Tertawakan Hendry Ch Bangun
    Polisi Disebut Minta Keterangan Bendum PWI Pusat Terkait Dugaan Korupsi Dana Hibah BUMN Rp.2,9 Milyar Hendri Bangun Cs
    Tok! Pengadilan Jatuhi Hukuman Mantan Bendahara Desa Bodag Pacitan 2 Tahun Penjara
    Komplotan Oknum Koruptor di PWI Segera Dilaporkan ke APH, Wilson Lalengke Minta Hendry dan Sayid Dicekal

    Ikuti Kami