Kajati Jatim Ikuti FGD Pengembangan SDM Mewujudkan Indonesia Emas 2045 di Unair

    Kajati Jatim Ikuti FGD Pengembangan SDM Mewujudkan Indonesia Emas 2045 di Unair

    SURABAYA – Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Dr. Mia Amiati, SH., MH., CMA mengikuti kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan tema “Pengembangan SDM Mewujudkan Indonesia Emas 2045, ” Jumat (15/3/2024).

    Kegiatan ini digelar di Ruang Rapat Kuliah Internasional Lantai 1 Gedung Putih Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair).

    Menurut Kajati Jatim, kegiatan FGD sebagai sarana diskusi serta bertukar pikiran dalam rangka mewujudkan pembangunan SDM Indonesia yang unggul sebagai jalan menuju Indonesia Emas 2045 yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

    “Diharapkan output kegiatan tersebut dapat memberi sarana masukan kepada pemerintah bagaimana mewujudkan SDM unggul dengan mengedepankan pendidikan serta membangun sarana prasarana terkait sehingga tujuan tersebut dapat berhasil, ” ujar Kajati Jatim.

    Sementara itu, Menteri ATR/ Kepala BPN Dr (Cand) H. Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan bahwa berdasarkan data dari Kemenkopolhukam, yang sebelumnya juga menjabat Menteri ATR/BPN, dari sejumlah kasus yang dilaporkan, sebanyak 65 persen merupakan kasus sengketa pertanahan.

    “Jadi masalah ini benar-benar urusan rakyat, tidak mengenal strata sosial. Ini merupakan urusan yang sangat fundamental bagi masyarakat kita, ” ujar AHY, sapaan karib Menteri ATR/BPN.

    Prof. Dr. Mohammad Nasih. S.E., M.T., Ak. Rektor Unair menyampaikan bahwa Krisis kualitas SDM dimana Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah 73, 55. Data IPM tersebut menunjukkan bahwa Indonesia masih menghadapi tantangan serius dalam meningkatkan kualitas SDM.

    Selama kurun waktu 2013 – 2023, hanya terdapat peningkatan sebesar 7, 67?ri IPM di Indonesia.

    “Harapan kita IPM mencapai 82 – 83. Jika melihat kondisi saat ini dan kita biarkan kondisi seperti ini, maka untuk mencapai IPM 82 dibutukan waktu 50 tahun lagi, ” ujar Rektor. (*) 

    surabaya
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Gubes UNAIR Ungkap Fungsi Kritik sebagai...

    Artikel Berikutnya

    Sinergi Bersama Antisipasi Karhutla 2024

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Wilson Lalengke:  Disomasi Hendry Bangun, Dewan Kehormatan PWI Semakin Tidak Terhormat
    Sebut Penggelapan Dana Bantuan BUMN Rp. 2,9 Milyar Fitnah dan Plintiran, Jusuf Rizal Tertawakan Hendry Ch Bangun
    Polisi Disebut Minta Keterangan Bendum PWI Pusat Terkait Dugaan Korupsi Dana Hibah BUMN Rp.2,9 Milyar Hendri Bangun Cs
    Tok! Pengadilan Jatuhi Hukuman Mantan Bendahara Desa Bodag Pacitan 2 Tahun Penjara
    Komplotan Oknum Koruptor di PWI Segera Dilaporkan ke APH, Wilson Lalengke Minta Hendry dan Sayid Dicekal

    Ikuti Kami